Ticker

6/recent/ticker-posts

Google Scholar: Cara Google Mengumpulkan Orang Hebat Dunia

By: M. Ridwan

Anda memiliki tulisan atau penelitian yang ingin ditunjukkan ke dunia dan menginspirasi orang lain? Jangan khawatir, raksasa mesin pencari, Google, telah memfasilitasi hal ini dengan membuat layanan Google Scholar atau dalam bahasa Indonesia disebut Google Cendikia. Sehingga, kita yang terdaftar dapat menjadikannya media komunikasi dengan dunia.

Cara mendaftarkannya simple. Anda cukup memiliki akun email Google atau email institusi yang berafiliasi dengan Google, katakanlah, @uinsu.ac.id. Universitas Islam kebanggaan Sumut ini jauh-jauh hari telah bekerjasama dengan Google sehingga civitasnya boleh memiliki akun email dengan ekstensi UINSU. Semua layanan dan citarasa Google dimilikinya, keren bukan?

Bagi Anda yang sudah memiliki akun google, silahkan lanjut dengan tahapan berikut:
1. Buka alamat http://scholar.google.com atau bisa juga http://scholar.google.co.id/ . Ini untuk warga Indonesia.

2. Klik " My Citation" atau "Kutipan Saya". Letaknya di sebelah kanan atas atau kanan bawah.

3. Silahkan isi form yang ada seperti nama, afiliasi (misal, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara), email untuk verfikasi, minat, dan website (kalau ada).

4. Google akan mencari penelitian atau tulisan Anda yang sudah online. Silahkan klik atau pilih tulisan Anda yang sudah dicarikan Google. Anda bisa juga mengetik tulisan Anda di form pencarian. Silahkan klik yang merupakan karya Anda.

5. Terakhir, silahkan edit profile Anda. Supaya keren, pakai fhoto selfie dan tersenyum ya. Hehe..

6. Selesai. Google akan melakukan indeks tulisan Anda. Silahkan test dengan mengetikkan nama Anda.

7. Oh ya, untuk peneliti Indonesia. Setelah Akun google scholar dibuat, silahkan daftarkan juga di SINTA (Science and Technology Index). Cara mendaftarnya juga mudah. Isi form dan copy paste url google scholar Anda.

8. Good luck. 


Oh ya, bagi yang ingin mengetahui tatacara sitasi dapat dilihat pada tulisan di bawah ini:
Misalkan kita telah mengetahui judul artikel dan jurnal yang ingin kita sitasi, maka kita tinggal memasukkan jurnal tersebut dalam tulisan kita. Saya menggunakan Mendeley. 

Contoh:

  1. Penjelasan tentang Musyarakah Munaqisyah di perbankan syariah dapat dilihat pada artikel  yang ditulis dalam jurnal As-Tsaqafah. (Ridwan, 2013a)
  2. Terkait penjelasan mengenai MLM Syariah dapat dilihat pada (Ridwan, 2013b). Artikel ini memuat  penjelasn lengkap yang menuntaskan pemahaman tentang MLM syariah yang sering disalah artikan.
  3. Untuk penjelasan mengenai perencanaan keuangan dapat dilihat di (Ridwan, 2015a). Buku ini bagus dibaca terutama bagi pasangan keluarga baru.
  4. Oh ya, ada juga buku bagus terkait teknik Iblis menggoda manusia yang dikemas dalam bentuk dialog imajiner namun berkesan yang ditulis oleh Ridwan (Ridwan, 2015b).
  5. Penulis aktif di blog ini menulis penelitiannya tentang sistem bagi hasil pada nelayan yang dapat Anda baca di sini (Ridwan, 2015)

Jangan lupa untuk memuat bibliografi atau daftar bacaan ya..

DAFTAR BACAAN

Ridwan, M. (2013a). Implementasi Musya > rakah Mutana > qis } ah sebagai Alternatif Pembiayaan Mura b > ahah di Perbankan Syariah Indonesia. Tsaqafah, 9(1). Retrieved from http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/download/39/37

Ridwan, M. (2013b). Network Marketing Syariah di Indonesia: Studi Terhadap Fatwa DSN-MUI No. 75 Tahun 2009 Tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Studia Economica. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/249

Ridwan, M. (2015). The Handbook of Family Financial Planning: Mengelola Keuangan Keluarga Secara Islami. FEBI PRESS. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/137/1/2. Buku The Handbook of Family Financial....pdf

Ridwan, M. (2015). The Handbook of Iblis: Dialog Imajiner Para Setan Untuk Menjerumuskan Manusia. FEBI PRESS. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/136/1/1. Buku The Handbook of Iblis.......pdf

Ridwan, M. (2015). The Local Wisdom In The Practice Of Profit And Loss Sharing ( PLS ) In The Fishery System : A Study Of Islamic Economic Activities In Tapak Kuda Village , District of Tanjung Pura , Langkat Regency , North Sumatera Province. Human Falah, 59–82. Retrieved from http://www.jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/article/download/187/134


Moga bermanfaat...

Post a Comment

0 Comments